Selasa, 02 April 2013

RESUME ‘Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi’


RESUME ‘Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi’
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang menjelaskan tentang bagaimana cara atau usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan mengolah sumber daya yang ada di sekitarnya sehingga tercapailah kesejahterahaan hidup. Ekonomi itu sendiri ialah kebutuhan yang sangat berpengaruh dalam kelangsungan hidup manusia, karna tanpa terpenuhinnya kebutuhan tersebut maka kelangsungan hidup manusia akan masuk pada zona worning bahkan terancam.
Makna  ekonomi sangat berkaitan dengan barang  ataupun jasa. Karena ekonomi itu adalah sebuah kebutuhan, maka kita memerlukan  alat pemuas kebutuhan. Kebutuhan manusia dapat tercukupi dengan alat pemuas kebutuhan berupa barang atau jasa.
Ekonomi itu tentang barang dan jasa. Ada macam – macam bentuk barang ekonomi, seperti :

1.    Barang Ekonomi = barang yang memiliki nilai dan dapat dijual.
 Contohnya , Pembuatan baju ditukang jait, setelah baju kita selesai dibuat, pasti tukang jait akan meminta uang jasa. Jadi itu adalah termasuk Barang Ekonomi.

2.    Barang Bebas = barang yang tidak memiliki nilai.
Contohnya, Air. Dahulu air di Indonesia sangat mudah didapat, karena air tidak  mempunya nilai.

3.     Barang Konsumen = barang yang bisa langsung digunakan oleh konsumen, tanpa susah payah untuk mendapatkannya.
 Contohnya Mobil, konsumen hanya menggunakan saja kendaraan itu, meraka tidak tahu bagaimana cara pembuatannya.

Masalah-Masalah Ekonomi:
Pokok permasalahan yang biasa dialami di dunia ekonomi, yaitu :
A.Produksi.
Yaitu masalah usaha atau kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu benda.
B. Distribusi.
Yaitu masalah usaha atau kegiatan untuk menyalurkan barang dari produsen ke konsumen.
C. Konsumsi 
 Yaitu masalah usaha atau kegiatan untuk menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu benda.
Bentuk-Bentuk Sistem Ekonomi.
      1. Kapitalis.
          Suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Contoh negara yang menganut sistem ini : Amerika Serikat, Inggris dan Jerman.
      2. Sosialis. 
          Suatu paham tentang penghapusan kepemilikan hak pribadi atau status kepemilikan swasta dalam beberapa komoditas dan menjadi kebutuhan masyarakat banyak. Contoh negara yang menganut sistem ini : Rusia, China dan Yugoslavia.
      3. Komunis.
          Suatu paham yang mempresentasikan bahwa seluruh kekayaan dimiliki atau dikuasai oleh negara guna kemakmuran rakyatnya. Contoh negara yang menganut sistem ini : Vietnam, Korea Utara, Laos, dll.   

Jadi, demi kelangsungan hidup manusia maka setiap faktor-faktor ekonomi itu harus tercukupi, dan jika ada salah satu dari hal itu yang hilang atau tidak ada maka akan terjadi ketidakseimban dalam roda kehidupan manusia oleh karena itu kita membutuhkan sistem ekonomi untuk mengaturnya.
            Sistem Ekonomi adalah sistem yang digunakan oleh suatu Negara untuk mengatur sumberdaya yang dimilikinya. Setiap Negara mempunyai sistem ekonominya  masing-masing tergantung sumberdaya apa yang Negara itu miliki dan sistem apa yg cocok untuk memproduksinya.

0 komentar:

Posting Komentar