Kamis, 24 Oktober 2013

Liburan ke Bali



Pengalaman Liburan ke Bali

Pengalaman saya pergi ke bali pada saat liburan semester kemarin, saya diajak orang tua saya untuk pergi ke bali untuk menghilangkan jenuh pada perkuliahan.
Sesaat saya sampai di bali saya langsung mengunjungi beberapa tempat wisata dibali, tempat pertama yang saya kunjungi adalah Taman Ayun Mengwi.
Taman Ayun Mengwi
Saya tertarik dengan refleksi bagnunan pada kolam halaman depan. Sebenarnya saya bermaksud mengkomposisikan patung yang di depan untuk ikut masuk supaya ada kesan sebagai penjaga bangunan tersebut. Berhubung kelamaan berpikir dan mencoba-coba, pencahayaan menjadi berubah dan saya tidak mendapatkan reflesinya lagi. Momen sudah lewat T_T. Untung saja, sewaktu mau meninggalkan tempat ini, refleksinya muncul kembali. Saya ambil fotonya, namun saya masih belum puas, meskipun posisinya sudah pas, pepohonan di belakang patung tersebut sangat mengganggu suasana. Ide saya sudah 
mentok, meskipun dengan perpindahan posisi, gambar saya juga gak semakin bagus.
Di dalam lokasi ini, saya mengambil beberapa foto dengan mencoba menerapkan komposisi framing (dengan ranting dan daun), komposisi perspektif. Saya kira komposisi ini paling mudah dilakukan.

Di sebelah kiri bangunan, ada sebuah pondok terbuka, dimana ada seorang seniman yang sedang melukis. Sebenarnya, niat saya menggunakan lensa wide untuk mengambil gambar ini, jadi keadaan sekelilingnya – hasil karya berupa lukisan, kerajinan tangan lainnya – akan masuk dalam foto. Namun apa daya, kemampuan belum seberapa, foto yang kuambil dengan lensa wide hancur banget komposisinya… terlalu banyak informasi di sebuah foto, angle yang kurang pas, pelukis yang kelihatan kecil, membuat foto menjadi berantakan. Sangking keselnya, langsung kuhapus foto itu. harusnya disimpan buat bahan pelajaran lain kali ya. ^^ Akhirnya saya menggunakan lensa tele, daerah yang masuk ke foto pun menjadi lebih sempit sehingga bisa fokus dengan seniman dan gambar yang dilukisnya.
Demikian pengalaman hari pertama saya di bali. Semoga bermafaat bagi teman teman yang membaca pengalaman saya ini, karena menurut saya tempat yang saya kunjungi ini termasuk tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi bagi para wisatawan.

1 komentar: